Langsung ke konten utama

PREKONOMIAN INDONESIA # - peran pandangan luar negeri di indonesia

Sejak proklamasi Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif. Bebas artinya Indonesia tidak memihak kepada salah satu blok dan menempuh cara sendiri dalam menangani masalah-masalah internasional. Sedangkan aktif artinya Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk ikut memelihara perdamaian dunia dan berpartisipasi meredakan ketegangan internasional.

Politik ini dipilih dalam rangka menjamin kerjasama dan hubungan baik dengan bangsa lain di dunia. Politik yang dicetuskan Mohammad Hatta ini dijalankan dari awal terbentuknya Indonesia hingga saat ini meskipun dalam pelaksanaannya tidak sesuai karena adanya pengaruh dengan perubahan politik di dunia.

Bangsa Indonesia dalam membina hubungan internasional menerapkan prinsip-prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif yang diabdikan bagi kepentingan nasional, terutama untuk kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Prinsip bebas artinya Indonesia bebas menentukan sikap dan pandangannya terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa dunia yang secara ideologis bertentangan (Timur dengan komunisnya dan Barat dengan liberalnya). Adapun prinsip aktif berarti Indonesia aktif memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan, aktif memperjuangkan ketertiban dunia dan aktif ikut serta menciptakan keadilan sosial dunia.
Dalam membina hubungan internasional indonesia mempunyai tujuan untuk meningkatkan persahabatan, dan kerjasama bilateral, regional, dan multilateral melalui berbagai macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional. Untuk menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, negara kita harus tetap melaksanakan politik luar negeri yang bebas dan aktif.


Landasan hukum hubungan internasional Indonesia adalah :

1. Landasan Idiil
Pancasila sila kedua, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab, yang mengandung unsur bahwa bangsa Indonesia merupakan dirinya bagian dari umat manusia di dunia. Oleh karena itu, dikembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.

2. Landasan Konstitusional / Struktural
UUD 1945, terutama dalam pembukaan (Alinea I dan IV) dan batang tubuh (pasal 11 dan 13).

3. Landasan Operasional
a. Ketetapan MPR, yaitu GBHN dalam bidang hubungan luar negeri
b. Kebijaksanaan presiden, yang dituangkan dalam Keppres.
c. Kebijaksanaan/peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri luar negeri.

Hubungan internasional ditandai dengan dimulainya pembukaan utusan (konsuler atau diplomatik) yang bersifat bilateral. Hubungan internasional diselenggarakan oleh korps diplomatik sebagai unsur Departemen Luar Negeri yang harus mampu menjabarkan aspirasi nasional luar negeri. Sebagai negara yang menganut politik luar negeri bebas aktif, Indonesia memiliki kebijakan tersendiri yang mengatur hubungan internasional, yaitu hubungan Indonesia dengan bangsa-bangsa lain.

Dalam hubungan internasional terdapat aktor yang melakukan hubungan internasional, aktor pelaku hubungan internasional disebut sebagai subjek hukum internasional. Subjek hukum internasional adalah orang atau badan/lembaga yang dianggap mampu melakukan perbuatan atau tindakan hukum yang diatur dalam hukum internasional dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum internasional atas perbuatannya tersebut. Hukum internasional pada dasarnya dijalankan oleh subjek hukum internasional. Dalam hal ini bukan hanya aktor tetapi juga non negara.

Berikut beberapa subjek hukum internasional :

1. Negara 
Negara merupakan subjek utama dala hukum internasional, yaitu bahwa negara menjadi pelaku penting dalam hubungan internasional.

2. Organisasi Internasional
Organisasi internasional merupakan subjek hukum internasional karena dapat melakukan hubungan dengan organisasi atau negara lain. Organisasi internasional misalnya organisasi-organisasi antar pemerintah atau IGO (Inter-Governmental Organizations) diantaranya PBB, OPEC, ASEAN, GNB, OKI, dan sebagainya. Organisasi non pemerintah atau NGO (Non Governmental Organizations) seperti kelompok pecinta lingkungan Green Peace, Transparency International.

3. Pihak yang Bersengketa
Pihak yang bersengketa dalam suatu negara disebut sebagai subjek hukum internasional karena dianggap mewakili pihak dalam hubungan internasional. Misalnya adalah gerakan pembebasan seperti PLO.

4. Perusahaan Internasional
Perusahaan yang bersifat transnasional atau multinasional diperhitungkan sebagai aktor hubungan internasional yang cukup strategis karena aset atau kekayaannya yang sangat besar. Perusahaan-perusahaan besar yang memiliki jaringan usaha di seluruh dunia seperti ini, dapat melakukan hubungan internasional. Misalnya perushaaan tambang Freeport, Mac Donald, perusahaan minyak Exxon.

5. Tahta Suci
Pengakuan Tahta Suci di Roma, Italia sebagai subjek hukum internasional karena warisan sejarah. Hal ini disebabkan karena Paus dianggap sebagai kepala negara Vatikan dan kepala Gereja Roma Katolik. Vatikan juga memiliki perwakilan-perwakilan diplomatik di negara lain.


6. Individu
Individu yang dapat menjadi subjek hukum Internasional adalah individu yang bisa mengadakan hubungan dengan suatu negara. Meskipun eksistensi individu sebagai aktor masih belum tegas mewakili misi siapa, namun harus diakui bahwa dalam hubungan internasional kontemporer individu dapat menjadi aktor yang bisa menentukan perubahan-perubahan kebijakan internasional.

Source :
http://unnyzety.blogspot.co.id/2011/05/landasan-hukum-hubungan-internasional.html?m=1

http://bossabam.blogspot.co.id/2016/05/pandangan-politik-luar-negeri-indonesia.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertumbuhan dan perkembangan ekonomi - PREKONOMIAN INDONESIA #

kelompok : Salsabila Budi Yukiko H YuliaWulanda Giovanni C. Dewanto WishnuPrabowo PutiIstanti IrvanSaputra   PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI   Pengertian Pertumbuhandanperkembanganekonomimemilikiarti yang berbeda. Jikapertumbuhanekonomiadalahkondisidimanasalahsatuindikatorsalahsatuindikatorkeberhasilanpembangunan. Dengandemikianmakatingginyapertumbuhanekonomibiasanyaakanmakintinggi pula karenakesejahteraanmasyarakat. Tentusajainiakanmempengaruhipendapatananda. Perkembanganekonomisendiriadalahkenaikandalamjangkapanjangdarisatunegarauntukmenyediakanbanyakbarangekonomi yang dibutuhkansesuaidenganjumlahpendudukan. Dan kemampuansebuahnegara yang bisamengembangkaninibiasanyadilihatdarikemajuandaribidangteknologipenyesuaiandarilembagadan juga ideologi.   Perbedaan Pertumbuhanekonomi Merupakan proses naiknyaproduk per kapitadalamjangkapanjang. Tidakmemperhatikanpemerataanpendapatan. Tidakmemperhatikanpertambahanpe...

mengetahui apa itu koperasi KUD Mino Saroyo dan bagaimana cara kerja koperasi KUD Mino Saroyo terhadap masyarakat diluarsana

di bawah ini adalah analisis tentang KUD Mino saroyo yang bertempatan di Jalan Kol. Sugiyono, 57, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koperasi ini mempunyai tujuan untuk mensejahterakan prekonomian anggota serta luaranggota yang mengfokuskan terjun di bidang perikanan. Koperasi ini angat mengandalkan kerjasama yang tinggi, jadi bukan hanya anggota yang berkerja tetapi masyarakat luar juga ikut bergotong royong guna mencapai tujuan bersama. Koperasi ini banyak menolong nelayan dari segi sosisal, ekonomi danbanyak lagi. koperasi ini mempunyai visi terwujudnya koperasi kelayan sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh dan professional, dan satulagi untuk mensejah terakan anggota nelayan dan masyarakat sekitar. Jadi sudah tergambarkan apa isi yang di bawah ini. Jika pembaca ingin lebih tau koperasi KUD Minosaroyo yuk kit abaca dengan seksama analisis saya di bawah ini. BAB II. PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI Koperasi mengandung makna “kerja...

TUGAS 7

Pengertian Marketing Mix         Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.        Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur  4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada  7P  artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yang di...