Langsung ke konten utama

pertumbuhan dan perkembangan ekonomi - PREKONOMIAN INDONESIA #


kelompok :
Salsabila Budi Yukiko H

YuliaWulanda

Giovanni C. Dewanto

WishnuPrabowo

PutiIstanti

IrvanSaputra

 

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI

 

  1. Pengertian

Pertumbuhandanperkembanganekonomimemilikiarti yang berbeda. Jikapertumbuhanekonomiadalahkondisidimanasalahsatuindikatorsalahsatuindikatorkeberhasilanpembangunan. Dengandemikianmakatingginyapertumbuhanekonomibiasanyaakanmakintinggi pula karenakesejahteraanmasyarakat. Tentusajainiakanmempengaruhipendapatananda.

Perkembanganekonomisendiriadalahkenaikandalamjangkapanjangdarisatunegarauntukmenyediakanbanyakbarangekonomi yang dibutuhkansesuaidenganjumlahpendudukan. Dan kemampuansebuahnegara yang bisamengembangkaninibiasanyadilihatdarikemajuandaribidangteknologipenyesuaiandarilembagadan juga ideologi.

 

  1. Perbedaan

Pertumbuhanekonomi

  • Merupakan proses naiknyaproduk per kapitadalamjangkapanjang.
  • Tidakmemperhatikanpemerataanpendapatan.
  • Tidakmemperhatikanpertambahanpenduduk
  • Belumtentudapatmeningkatkantarafhidupmasyarakat.
  • Pertumbuhanekonomibelumtentudisertaidenganpembangunanekonomi
  • Setiap input dapatmenghasilkan output yang lebihbanyak

 

Pembangunan ekonomi

  • Merupakan proses perubahan yang terusmenerusmenujuperbaikantermasukusahameningkatkanproduk per kapita.
  • Memperhatikanpemerataanpendapatantermasukpemerataanpembangunandanhasil-hasilnya.
  • Memperhatikanpertambahanpenduduk.
  • Meningkatkantarafhidupmasyarakat.
  • Pembangunan ekonomiselaludibarengidenganpertumbuhanekonomi.
  • Setiap input selainmenghasilkan output yang lebihbanyak juga terjadiperubahan – perubahankelembagaandanpengetahuanteknik.
     

  1. Contohkasus

 

  1. RendahnyaPertumbuhanEkonomi

Pertumbuhanekonomisuatunegaramerupakansalahsatuindikasi yang dapatdigunakanuntukmengukurkeberhasilanpembangunannegaratersebut. Pertumbuhanekonomidapatdilihatmelaluiproduksibarangdanjasa yang dapatdihasilkanselamasatuperiodetertentu. Pertumbuhanekonominegaraberkembangseperti Indonesia seringterkendalamasalah modal daninvestasi. Indonesia bergantungpada modal dariinvestasipihakasinguntukmenunjangkegiatanekonominya.

Lambatnyapertumbuhanekonomi juga dipengaruhihaiknyahargaminyakdunia. Kenaikanminyakduniamerupakanakibatlangkanyaminyakmentah. Kelangkaandisebabkanmenipisnyacadanganminyaksertaterhambatnyadistribusiminyak. Kenaikanhargaminyakmenyebabkanhargabarang lain ikut naik. Akibatnya, dayabelimasyarakatmenjadiberkurangdanterjadipenurunankegiatanmasyarakat.

 

 

  1.  Kemiskinan

Kemiskinanadalahkeadaanmasyarakat yang tidakmampumemenuhikebutuhanhidupnya. Kebutuhanhidupmeliputimakanan, pakaian, tempattinggal, pendidikan, dankesehatan. Kemiskinansebagaiakibatberkurangnyapendapatanmasyarakatsecarariil. Masyarakat mengalamipenurunandayabelibarang-barangkebutuhanpokoksecaraumum. Akibatnya, masyarakattidakdapatsecaralayaksehinggatarafhidupnyamenurun.

 

Berdasarkan data BPS bulanMaret 2012 jumlahpenduduk yang beradadalamgariskemiskinanberjumlahsekitar 29,13 juta orang (11,96%). Jumlahiniberkurangsebanyak 0,89 juta orang dariperiode yang samatahunsebelumnya. Menurunnyaangkakemiskinanditunjangadanyapenurunankomoditasmakanansedikitlebihbesardibandingkanperanankomoditasbukanmakanan.

 

  1. Pengangguran

Secaraumumpenganggurandiartikansebagaiangkatankerja yang tidakbekerja. Pengangguranmerupakanrantaimasalah yang dapatmenimbulkanbeberapapermasalahanpadasuatunegara. Penganggurandisebabkanjumlahangkatankerja yang tidakdapatterserapdalamlapanganyasehinggamenimbulkanpengangguran.

Berdasarkan data BadanPusatStatistik, jumlahangkatankerja di Indonesia tahun 2012 mencapai 120,4 jutajiwa. Sementaraitu, jumlahpengangguranpadabulanFebruari 2012 sebanyak 7,61 jutajiwaturundaritahunsebelumnyayaitusebanyak 7,7 jutajiwa. Hal inidiharapkansebagaiindikasi yang baikmengenaiperbaikankeadaanketenagakerjaan di Indonesia. Untukmencapai harapan tersebut, pemerintahperlumengusahakankebijakan di bidangketenagakerjaan, misalnyaperbaikankualitastenagakerja/sumberdayamanusia, menciptakanlapanganpekerjaan, mendorongtumbuhnyainvestasidan modal, menyediakaninformasilapanganpekerjaan, sertamemberikanpelatihandanketerampilanbagitenagakerja.

 

d.   Inflasi

Berdasarkan data BPS inflasi Indonesia padatahun 2011 sebesar 3,79%. Inflasi yang terjadi di Indonesia disebabkantingginyapermintaanagregat, sementarapermintaanbarangdanjasatidakdiimbangidengankemampuanproduksidankenaikan biayaproduksi. Inflasiditandaiolehkenaikanhargabaarangdanjasasecarakeseluruhan. Hal iniakanmenimbulkanpenurunandayabelimasyarakatterhadapbarangdanjasa. Inflasiberdampakpadalesunyakegiatanperekonomian, kurangnyakepercayaanmasyarkatterhadapkinerjapemerintah, melemahnyanilai rupiah, danketidakstabilanperekonomiannegara. Berdasarkansumbernyainflasidapatdigolongkanmenjadidua, yaituinflasitarikanpermintaandaninflasidoronganbiaya.

 

  1. Pendapat

Perkembanganperekonomian di Indonesia sejakberdirihinggasaatinisudahmengalamibanyakkemajuan,pada masa orde lama Indonesia berhasilmembuat rupiah sebagaimatauangnegara,di masa ordebaru Indonesia berhasildenganswasembadaberasdanPelita (pembangunan lima tahun ),begitu pula denganpemerintahanselanjutnya.Untuksekarangini,Indonesiamerupakansalahsatunegaradalamupayaperdaganganbebas, pengadaanpasar modal yang telahmenerimabanyakpenghargaanbaikitu di dalamnegerimaupun di dunia, bantuansubsidipemerintahbagimasyarakatuntukpeningkatankesejahteraan, danpelunasanpengeluarannegaraterhadapnegara lain .

 

Namun , di sisi lain Indonesia masihmemilikimasalahekonomi yang berkepanjanganyaituupayapemberantasan KKN (Korupsi , Kolusi,danNepotisme) yang masihsajalamban. Lalu, penerapanpasar modal yang lebihdiperuntukkankepada investor asing , karenamasih minim nyapengetahuanmasyarakat Indonesia terhadappasar modal. Keterlibatan Indonesia padaperdaganganbebastidakdiimbangidenganpendapatannegaradankesejahteraanmasyarakat yang masihbelummerata , selainitubanyakperusahaannegara yang dijualkepadapihakasingsebagaiupayauntukmelunasihutangnegara, pengendalianinflasidannilaikurs rupiah yang masihdalampemulihan yang di akibatkanolehkrisismoneter yang terjadipadatahun-tahunsebelumnya .

 

Segalasesuatunyapemerintahseharusnyaberfikirsecaramatang , berupayasecarategasdanmengimbangisegalakeputusan yang diambilsesuaidengankeadaandankondisimasyarakat yang terjadi. Mudah-mudahankitasebagaigenerasimudadenganadanyakreativitas yang berkonotasipositifdapatmembuatperekonomian di Indonesia inikedepannyaterusmajudanmenjadi yang terbaik

 

Source:




 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mengetahui apa itu koperasi KUD Mino Saroyo dan bagaimana cara kerja koperasi KUD Mino Saroyo terhadap masyarakat diluarsana

di bawah ini adalah analisis tentang KUD Mino saroyo yang bertempatan di Jalan Kol. Sugiyono, 57, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koperasi ini mempunyai tujuan untuk mensejahterakan prekonomian anggota serta luaranggota yang mengfokuskan terjun di bidang perikanan. Koperasi ini angat mengandalkan kerjasama yang tinggi, jadi bukan hanya anggota yang berkerja tetapi masyarakat luar juga ikut bergotong royong guna mencapai tujuan bersama. Koperasi ini banyak menolong nelayan dari segi sosisal, ekonomi danbanyak lagi. koperasi ini mempunyai visi terwujudnya koperasi kelayan sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh dan professional, dan satulagi untuk mensejah terakan anggota nelayan dan masyarakat sekitar. Jadi sudah tergambarkan apa isi yang di bawah ini. Jika pembaca ingin lebih tau koperasi KUD Minosaroyo yuk kit abaca dengan seksama analisis saya di bawah ini. BAB II. PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI Koperasi mengandung makna “kerja...

TUGAS 7

Pengertian Marketing Mix         Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.        Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur  4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada  7P  artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yang di...