Langsung ke konten utama

TUGAS 6

1. Teori Tawar-menawar (Ekonomi Pasar)

       Teori ekonomi pasar adalah penciptaan suatu harga upah atau bayaran yang didasarkan atas kekuatan tawar-menawar negosiasi / negoisasi antara para pekerja, pegawai, karyawan, buruh, dsb dengan pihak manajemen perusahaan. 

2. Teori Standar Hidup 
       Teori standar hidup adalah suatu sistem kompensasi di mana upah atau gaji ditentukan dengan menyesuaikan dengan standar hidup layak di mana para pekerja dapat menikmati hidup dengan damai, mana, tentram dan sejahtera mencakup jaminan pensiun di hari tua, tabungan, pendidikan, tempat tinggal, transportasi dan lain sebagainya. 

 

Pengertian Upah, Gaji, Bonus, dan Kompensasi

1. Upah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKnGe1PtV49dhCs3UIxbsr-xRyXBqXk9-Vh6zZyZoHLdz1er8lI9ZIhJ-ymYXh6vrvLeGfeEGcpqPVtMluKcXVjMIswXXfs63TX4-Kim-Cn_OA_pVs7McJnbp2LhotXYCnkfjs0PXeJ-Np/s1600/Gaji+atau+Upah.jpg
Upah
       Upah adalah hak pekerjaan atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesempatan atau peraturan perundangan-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh. Biasanya diberikan kepada pekerja yang melakukan pekerjaan kasar dan lebih banyak mengandalkan kekuatan fisik. Jumlah pembayaran upah biasanya diberikan secara harian atau berdasarkan unit pekerjaan yang diselesaikan.

2. Gaji
       Gaji adalah merupakan balas jasa yang dibayarkan kepada pemimpin, pengawas, pegawai tata usaha, pegawai kantor serta para manajer lainnya. Proses pembayaran gaji biasanya diberikan dalam setiap bulannya. Gaji biasanya tingkatannya lebih tinggi dari pada pembayaran-pembayaran kepada pekerja-pekerja upahan. 

3. Bonus
       Bonus adalah sejumlah uang yang ditambahkan ke gaji karyawan, biasanya diperuntukkan bagi karyawan sebagai hadiah untuk karena mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik. Apabila pembayaran gaji pokok biasanya dilakukan setiap bulan, maka pembayaran bonus dilakukan secara bervariasi, tergantung pada kriteria-kriteria seperti : omset tahunan perusahaan, atau jumlah pelanggan yang diperoleh, atau nilai saham perusahaan saat ini. Dengan demikian pembayaran bonus dapat bertindak sebagai insentif bagi para pekerja agar termotivasi untuk mencari keuntungan bagi keberhasilan ekonomi perusahaan mereka. 

4. Kompensasi
       Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Kompensasi berbentuk uang, artinya gaji dibayar dengan sejumlah uang kartal kepada karyawan yang bersangkutan.Kompensasi merupakan istilah yang berkaitan dengan imbalan-imbalan finansial (financial reward) yang diterima oleh orang-orang melalui hubungan kepegawaian mereka dengan sebuah organisasi.

Pengertian Outsourcing, Motivasi, Job Description, dan Separation

1. Outsourcing
Image result for outsourcing
Outsourcing
        Outsourcing terbagi atas dua suku kata: out dan sourcing. Sourcing berarti mengalihkan kerja, tanggung jawab dan keputusan kepada orang lain. Outsourcing dalam bahasa Indonesia berarti alih daya. Dalam dunia bisnis, outsourcing atau alih daya dapat diartikan sebagai penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan yang sifatnya non-core atau penunjang oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lain melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa pekerja/buruh.

2.  Motivasi
        Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi berasal dari kata motif yang berarti "dorongan" atau rangsangan atau "daya penggerak" yang ada dalam diri seseorang. Motivasi menjadi suatu kekuatan, tenaga atau daya, atau suatu keadaan yang kompleks dan kesiapsediaan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari (Makmun, 2003).
3. Job Description (JobDesk)

Related image
Job Desk
       Job description (jobdesk) atau uraian jabatan/job atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas, uraian atau gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh sipemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya diluar lingkup pekerjaannya dan diluar organisasi (eksternal) sehingga dapat tercapai tujuan unit / bagian kerja dan organisasi / perusahaan secara luas.

4. Separation
       Pemutusan Hubungan Kerja (PHK/Separation) adalah berakhirnya hubungan kerja sama antara karyawan dengan perusahaan, baik karena ketentuan yang telah disepakati, atau mungkin berakhir di tengah karier . Mendengar istilah PHK, terlintas adalah pemecatan sepihak oleh pihak perusahaan karena kesalahan pekerja.


Kegiatan dalamManajemen Produksi yangMemikirkan PelestarianLingkungan

       Produksi bersih adalah strategi pengelolaan lingkungan yang sifatnya mengarah pada pencegahan dan terpadu untuk diterapkan pada seluruh siklus produksi. Produksi bersih merupakan sebuah strategi pengelolaan lingkungan yang bersifat preventif atau pencegahan dan terpadu yang perlu diterapkan secara terus menerus pada proses produksi dan daur hidup produk dengan tujuan mengurangi risiko terhadap manusia dan lingkungan. Produksi bersih ini dilakukan dengan cara :
  1. Mengurangi atau meminimumkan penggunaan bahan baku, air, dan energi serta menghindari pemakaian bahan baku beracun dan berbahaya serta mereduksi terbentuknya limbah pada sumbernya, sehingga mencegah dari atau mengurangi timbulnya masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan serta risikonya terhadap manusia.
  2. Perubahan dalam pola produksi dan konsumsi berlaku baik terhadap proses maupun produk yang dihasilkan, sehingga harus dipahami betul analisis daur hidup produk.
  3. Upaya produksi bersih tidak dapat berhasil dilaksanakan tanpa adanya perubahan dalam pola pikir, sikap dan tingkah laku dari semua pihak terkait baik dari pihak pemerintah, masyarakat maupun kalangan dunia (industriawan). Selain itu juga, perlu diterapkan pola manajemen di kalangan industri maupun pemerintah yang telah mempertimbangkan aspek lingkungan.
  4. Mengaplikasikan teknologi akrab lingkungan, manajemen dan prosedur standar operasi sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak selalu membutuhkan biaya investasi yang tinggi, kalaupun terjadi seringkaliwaktu yang diperlukan untuk pengembalian modal investasi relatif singkat.
  5. Pelaksanaan program produksi bersih ini lebih mengarah pada pengaturan sendiri dan peraturan yang sifatnya musyawarah mufakat daripada pengaturan secara command control. 

Tindakan yang Perlu Diambil oleh Pimpinan Perusahaan, untuk Menjaga Pesanan Pelanggan

1.Mencatat Pesanan Pelanggan
       Langkah pertama yang dilakukan oleh pelanggan dalam membeli barang/jasa adalah dengan memesannya terlebih dahulu. Adanya pesanan dari pelanggan merupakan awal terjadinya transaksi jual-beli. Setiap pesanan yang diminta pelanggan harus segera dilayani dengan cara didengarkan dan dicatat. Kemudian mengecek kembali apakah ada perubahan jenis dan jumlah pesanan atau tidak, kapan jadwal atau waktu pengiriman barang.

2.Mencatat Kebutuhan Pelanggan
       Pencatatan kebutuhan pelanggan berbeda dengan pencatatan pesanan pelanggan. Pencatatan pesanan pelanggan hanya mencakup jenis, bentuk, model, jumlah dan harga barang. Sedangkan pencatatan kebutuhan pelanggan  menyangkut obyeknya, yaitu sifat dan tingkat konsumsi, kebiasaan, atau waktu kebutuhan. Pencatatan kebutuhan pelanggan berdasarkan berdasarkan ceklist merupakan tindakan yang dapat menggambarkan obyek ceklist, yaitu pencatatan kebutuhan pelanggan sebagai daftar pemeriksaan terhadap faktor-faktor yang diinginkan oleh pelanggan.

3.Menegaskan Kembali Kebutuhan Pelanggan

       Setiap pesanan yang diminta atau dibutuhkan pelanggan harus diperhatikan dan dicatat. Catatan tersebut kemudian dicek dan ditegaskan kembali kepada pelanggan apakah barang-barang yang dipesan jumlah dan jenisnya tidak berubah, kapan waktu pengiriman barang akan dilakukan, dan bagaimana cara pembayarannya. Untuk menghindari kekeliruan pelayan atau penjual hendaknya menegaskan kembali semua kebutuhan pelanggan dan melakukan pengecekan. 


4.Mewujudkan Kebutuhan Pelanggan

       Kebutuhan pelanggan akan terwujud apabila pelayan atau penjual telah menerapkan prinsip pelayanan prima. Kepuasan pelanggan merupakan refleksi dari terpenuhinya harapan dan kebutuhannya. Oleh karena ituperusahaan bisnis atau penjual dalam mewujudkan kepuasan pelanggan perlu meningkatkan kualitas pelayanannya.




Source : https://ireztia.com/2010/02/06/teori-upah-dan-kompensasi-dalam-manajemen-sdm/

             http://assharrefdino.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-upah-dan-penjelasannya.html 
             http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-gaji-dan-upah.html 
             http://www.gajimu.com/main/pekerjaan-yanglayak/kompensasi/bonus-tahunan 
             http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-jenis-dan-tujuan-kompensasi.html 
             http://mdiorentino.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-outsourching-dalam-dunia.html
             http://www.pengertianahli.com/2013/09/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli.html# 
             http://seputarberitapendidikan.blogspot.co.id/2014/05/contoh-job-description.html 
             https://atikanafridayanti.wordpress.com/2013/11/21/pemutusan-hubungan-kerja-phk/
             https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_bersih 
             http://rosisrirahayu.blogspot.co.id/2014/03/pelayanan-prima-berdasarkan-tindakan.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertumbuhan dan perkembangan ekonomi - PREKONOMIAN INDONESIA #

kelompok : Salsabila Budi Yukiko H YuliaWulanda Giovanni C. Dewanto WishnuPrabowo PutiIstanti IrvanSaputra   PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI   Pengertian Pertumbuhandanperkembanganekonomimemilikiarti yang berbeda. Jikapertumbuhanekonomiadalahkondisidimanasalahsatuindikatorsalahsatuindikatorkeberhasilanpembangunan. Dengandemikianmakatingginyapertumbuhanekonomibiasanyaakanmakintinggi pula karenakesejahteraanmasyarakat. Tentusajainiakanmempengaruhipendapatananda. Perkembanganekonomisendiriadalahkenaikandalamjangkapanjangdarisatunegarauntukmenyediakanbanyakbarangekonomi yang dibutuhkansesuaidenganjumlahpendudukan. Dan kemampuansebuahnegara yang bisamengembangkaninibiasanyadilihatdarikemajuandaribidangteknologipenyesuaiandarilembagadan juga ideologi.   Perbedaan Pertumbuhanekonomi Merupakan proses naiknyaproduk per kapitadalamjangkapanjang. Tidakmemperhatikanpemerataanpendapatan. Tidakmemperhatikanpertambahanpe...

mengetahui apa itu koperasi KUD Mino Saroyo dan bagaimana cara kerja koperasi KUD Mino Saroyo terhadap masyarakat diluarsana

di bawah ini adalah analisis tentang KUD Mino saroyo yang bertempatan di Jalan Kol. Sugiyono, 57, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koperasi ini mempunyai tujuan untuk mensejahterakan prekonomian anggota serta luaranggota yang mengfokuskan terjun di bidang perikanan. Koperasi ini angat mengandalkan kerjasama yang tinggi, jadi bukan hanya anggota yang berkerja tetapi masyarakat luar juga ikut bergotong royong guna mencapai tujuan bersama. Koperasi ini banyak menolong nelayan dari segi sosisal, ekonomi danbanyak lagi. koperasi ini mempunyai visi terwujudnya koperasi kelayan sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh dan professional, dan satulagi untuk mensejah terakan anggota nelayan dan masyarakat sekitar. Jadi sudah tergambarkan apa isi yang di bawah ini. Jika pembaca ingin lebih tau koperasi KUD Minosaroyo yuk kit abaca dengan seksama analisis saya di bawah ini. BAB II. PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI Koperasi mengandung makna “kerja...

TUGAS 7

Pengertian Marketing Mix         Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.        Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur  4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada  7P  artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yang di...