Langsung ke konten utama

TUGAS 2

Pengertian Bisnis

        Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Bisnis adalah juga proses untuk menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen atau pemakai barang dan jasa.


            Cara Mengklasifikasikan Bisnis


        Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan oleh karena itu bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Cara mengklasifikasikan bisnis ada 2,yaitu : 

1. Mengelompokkan Bisnis Berdasarkan Aktivitas yang Dilakukannya.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis Jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan Distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. 
  • Bisnis Pertanian dan Pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis Finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis Informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis Real Estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
  • Bisnis Online adalah bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Dalam bisnis online, barang apa saja bisa diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram, path, blog dan lainnya   

2. Mengelompokkan Bisnis Berdasarkan Tujuan
  • Organisasi Profit. Organisasi Profit adalah suatu proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yakni untuk menghasilkan laba. Organisasi ini menyediakan atau menghasilkan barang maupun jasa guna untuk memperoleh hasil ataupun laba sesuai dengan keinginan pemilik organisasi tersebut.
  • Organisasi Non Profit. Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter). Organisasi non profit berdiri untuk mewujudkan perubahan pada individu atau komunitas.

          Karakteristik Sistem Bisnis


  • KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN 
            Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing –masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan - perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk - produk elektronik .
  • SALING KETERGANTUNGAN

Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain.
  • PERUBAHAN DAN INOVASI

Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

 
 Menurut saya, pada masa sekarang ini Bisnis iyalah salah satu kuncu dari kesuksesannya suatu perusahaan, semua perusahaan pasti tidak asing apa yang di namakan Bisnis, bahkan Bisnis adalah aktivitas mereka sehari - hari. Bisnis juga dapat melatih kita dalam hal menjual beli suatu barang maupun jasa. di masa modern ini Bisnis telah sangat terbantu karena adanya teknologi yang berkembang pesat pada saat ini maupun kedepnnya. 
Bisnis berkembang dengan pesat, tidak hanya bertemu muka dengan muka, tapi juga media sosial sering dilibatkan dalam menjalankan bisnis pada masa ini sehingga mempermudah seseorang dalam menjual produk ataupun mencari produk yang diinginkan. Media sosial sering digunakan sebagai media pemasaran dari sebuah produk maupun jasa, sehingga mudah menarik minat konsumen akan produk maupun jasa yang ditawarkan, di karenankan juga sudah banyak orang yang telah menggunakan media sosial dalam berkomunikasi. Contohnya melalui Instagram, Twitter, Facebook, dll. Namun tidak hanya melalui media sosial, tetapi juga lewat wadah yang telah disediakan di internet seperti contohnya adalah Kaskus, OLX, Bukalapak, dll. Sekian yang dapat saya sampaikan.


 Source : https://febryanaptksr.wordpress.com/2012/09/25/pengertian-dan-klasifikasi-bisnis/
           http://dephumsflow.blogspot.co.id/2011/09/organisasi-profit-dan-organisasi-non.html
           http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html
           https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertumbuhan dan perkembangan ekonomi - PREKONOMIAN INDONESIA #

kelompok : Salsabila Budi Yukiko H YuliaWulanda Giovanni C. Dewanto WishnuPrabowo PutiIstanti IrvanSaputra   PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI   Pengertian Pertumbuhandanperkembanganekonomimemilikiarti yang berbeda. Jikapertumbuhanekonomiadalahkondisidimanasalahsatuindikatorsalahsatuindikatorkeberhasilanpembangunan. Dengandemikianmakatingginyapertumbuhanekonomibiasanyaakanmakintinggi pula karenakesejahteraanmasyarakat. Tentusajainiakanmempengaruhipendapatananda. Perkembanganekonomisendiriadalahkenaikandalamjangkapanjangdarisatunegarauntukmenyediakanbanyakbarangekonomi yang dibutuhkansesuaidenganjumlahpendudukan. Dan kemampuansebuahnegara yang bisamengembangkaninibiasanyadilihatdarikemajuandaribidangteknologipenyesuaiandarilembagadan juga ideologi.   Perbedaan Pertumbuhanekonomi Merupakan proses naiknyaproduk per kapitadalamjangkapanjang. Tidakmemperhatikanpemerataanpendapatan. Tidakmemperhatikanpertambahanpe...

mengetahui apa itu koperasi KUD Mino Saroyo dan bagaimana cara kerja koperasi KUD Mino Saroyo terhadap masyarakat diluarsana

di bawah ini adalah analisis tentang KUD Mino saroyo yang bertempatan di Jalan Kol. Sugiyono, 57, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koperasi ini mempunyai tujuan untuk mensejahterakan prekonomian anggota serta luaranggota yang mengfokuskan terjun di bidang perikanan. Koperasi ini angat mengandalkan kerjasama yang tinggi, jadi bukan hanya anggota yang berkerja tetapi masyarakat luar juga ikut bergotong royong guna mencapai tujuan bersama. Koperasi ini banyak menolong nelayan dari segi sosisal, ekonomi danbanyak lagi. koperasi ini mempunyai visi terwujudnya koperasi kelayan sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh dan professional, dan satulagi untuk mensejah terakan anggota nelayan dan masyarakat sekitar. Jadi sudah tergambarkan apa isi yang di bawah ini. Jika pembaca ingin lebih tau koperasi KUD Minosaroyo yuk kit abaca dengan seksama analisis saya di bawah ini. BAB II. PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI Koperasi mengandung makna “kerja...

TUGAS 7

Pengertian Marketing Mix         Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.        Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur  4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada  7P  artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yang di...