Langsung ke konten utama

APA ITU KOPERARASI ?

EKONOMI KOPERASI

biasa dikenal masyarakat koperasi tempat dimana adanya simpan pinjam uang, pemodalan usaha masyarakat, organisasi pelayanan masyarakat dan bayak lagi.

APA ITU KOPERASI?


KOPERASI menurut Undang-Undang Dasar Koperasi Nomer 25 Tahun 1992 “Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi yang yang melandaskan kegiatanya berdasarkan atas azas kekeluargaan”. bias kita katakana juga koperasi yaitu badan usaha yang dimana didalamnya terdapat anggota yang mempunyai tugas dan tangung jawabnya masing-masing sehingga terbentuknya koperasi ini dapat menciptakan kesejahteraan baik anggotanya tersendiri maupun masyarakat di luar anggota koperasi.


Maka dengan adanya pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kateristik atau ciri – ciri utama koperasi adalah :

    1. Koperasi dibentuk oleh orang seorang yang memilki satu kepentingan atau satu tujuan ekonomi yang sama.
    2. Koperasi didirikan dan dikembangkan dengan azas kekeluargaan, yang mengikat pada nilai percaya diri, saling membantu/kesetiakawanan, keadilan, persamaan, dan demokrasi.
    3. Koperasi didirikan, dimodali, dibiayai, diatur, dan diawasi serta dimanfaatkan sendiri oleh anggotanya.
    4. Fungsi dari badan koperasi adalah menunjang kepentingan ekonomi anggotanya dalam rangka memajukan kesejahteraan anggotanya.
Jika terdapat kelebihan dari hasil usaha maka kelebihan itu digunakan untuk dana cadangan dan pemenuhan kebutuhan dari masyarakat umum yang bukan termasuk dari pada anggota koperasi.


dengan adanya penjelasan di atas pembaca pasti sudah mengerti apa itu koperasi. agar lebih memahami saya memberi contoh koperasi konsumen yaitu KUD Mino Saroyo Cilacap yang bertempat di jl. kol.sugiono no. 57 cilacap. Usaha pokok melayani kebutuhan – kebutuhan anggota nelayan dan kebutuhan perbekalan melaut sampai pemasaran hasil perikanan, penjualan hasil tangkapan ikan nelayan dijual melalui tempat pelelangan ikan (TPI)


salah satu kegiatan yang koperasi ini lakukan yaitu menciptakan kapal motor yang bernama KM 30 GT. Istilah dan definisi kapal perikanan yang berkembang di masyarakat nelayan sangat beraneka ragam, melalui pengumpulan data tentang istilah dan definisi kapal perikanan baik dari studi lapangan maupun studi pustaka/literatur didapat suatu definisi kapal perikanan secara umum. KM 30 GT adalah kapal perikanan yang digunakan untuk penangkapan dan pengankut ikan yang dilengkapi dengan lubang fiber dan Balok Es selama di laut.



Dilihat dari UU koperasi No. 25 tahun 1992 kita dapat tahu bahwa Koperasi KUD termasuk koperasi yang melandaskan kegiatan berdasarkan atas azas kekeluargaan karena didirikan untuk memajukan kesejahteraan para anggota koperasi serta para anggotanya yang semuanya didasari dari kepercayan, kekeluargaan dalam mencapai suatu kemakmuran dan kesejahteraan bersama.


jadi koperasi sebagaimana pembaca maupun diri saya sendiri tahu, Koperasi dapat disimpulkan yaitu onganisasi yang mengutamakan kesejahteraan bersama dan keuntungan bersama.kita juga tau koperasi sangat menbantu prekonomian kita menjadi lebih ringan dikarenakan adanya koperasi


terima kasi telah membaca artikel saya walaupun masih mempunyai banyak kekurangan. mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kata-kata maupun kalimat yang tidak berkenan.


selamat malam. wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


referensi :


http://www.kudminosaroyocilacap.com/

Bahan Ekonomi Koperasi (Data Materi Yang Diberi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertumbuhan dan perkembangan ekonomi - PREKONOMIAN INDONESIA #

kelompok : Salsabila Budi Yukiko H YuliaWulanda Giovanni C. Dewanto WishnuPrabowo PutiIstanti IrvanSaputra   PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI   Pengertian Pertumbuhandanperkembanganekonomimemilikiarti yang berbeda. Jikapertumbuhanekonomiadalahkondisidimanasalahsatuindikatorsalahsatuindikatorkeberhasilanpembangunan. Dengandemikianmakatingginyapertumbuhanekonomibiasanyaakanmakintinggi pula karenakesejahteraanmasyarakat. Tentusajainiakanmempengaruhipendapatananda. Perkembanganekonomisendiriadalahkenaikandalamjangkapanjangdarisatunegarauntukmenyediakanbanyakbarangekonomi yang dibutuhkansesuaidenganjumlahpendudukan. Dan kemampuansebuahnegara yang bisamengembangkaninibiasanyadilihatdarikemajuandaribidangteknologipenyesuaiandarilembagadan juga ideologi.   Perbedaan Pertumbuhanekonomi Merupakan proses naiknyaproduk per kapitadalamjangkapanjang. Tidakmemperhatikanpemerataanpendapatan. Tidakmemperhatikanpertambahanpe...

mengetahui apa itu koperasi KUD Mino Saroyo dan bagaimana cara kerja koperasi KUD Mino Saroyo terhadap masyarakat diluarsana

di bawah ini adalah analisis tentang KUD Mino saroyo yang bertempatan di Jalan Kol. Sugiyono, 57, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koperasi ini mempunyai tujuan untuk mensejahterakan prekonomian anggota serta luaranggota yang mengfokuskan terjun di bidang perikanan. Koperasi ini angat mengandalkan kerjasama yang tinggi, jadi bukan hanya anggota yang berkerja tetapi masyarakat luar juga ikut bergotong royong guna mencapai tujuan bersama. Koperasi ini banyak menolong nelayan dari segi sosisal, ekonomi danbanyak lagi. koperasi ini mempunyai visi terwujudnya koperasi kelayan sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh dan professional, dan satulagi untuk mensejah terakan anggota nelayan dan masyarakat sekitar. Jadi sudah tergambarkan apa isi yang di bawah ini. Jika pembaca ingin lebih tau koperasi KUD Minosaroyo yuk kit abaca dengan seksama analisis saya di bawah ini. BAB II. PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI Koperasi mengandung makna “kerja...

TUGAS 7

Pengertian Marketing Mix         Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.        Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur  4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada  7P  artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yang di...